Minggu, 14 Oktober 2012

Materi Ms. Excel

Materi yang terdapat dalam Ms. Excel antara lain :

1. Sort and Filter
    Sort, untuk mengurutkan data (dari nilai yang terbesar ke kecil atau dari nilai yanng terkecil ke           terbesar).
    Filter, untuk menyaring suatu kata yang tidak tepat.
2. Data Validation
    Data validation di excel digunakan untuk membatasi input pada suatu cell dengan kriterian yg       telah  di tentukan, jadi ketika suatu cell di isi dengan data yg tidak sesuai kreteria maka tidak akan bisa isi pada excel 2007.

3. Mengakses Data pada Sheet yang Lain pada File yang Sama
4. Mengakses Data pada Sheet yang Lain pada File yang Berbeda
5. Vlookup dan Hlockup
Fungsi Vlookup dan Hlookup Excel digunakan untuk membaca suatu tabel. Menggunakan rumus vlookup untuk membaca tabel secara vertikal ( atas – bawah ). Sedang rumus hlookup digunakan untuk membaca tabel secara horisontal ( kanan – kiri ).

SEJARAH MICROSOFT WORD


SEJARAH MICROSOFT WORD

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolahkata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), AppleMacintosh (1984), SCO UNIX,OS/2, dan Microsoft Windows(1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Pengertian Microsoft Word 2007


Microsoft word 2007 merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office2007. Berbeda halnya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki beberapa keunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan tulis-menulis, misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama, brosur, dll dengan lebih baik.Microsoft word 2007 telah mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versi sebelumnya yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana memaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007 versi Windows XP. Memulai menggunakan Word 2007Untuk menggunakan dan mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :

1. Klik menu start pada taskbar
2. Klik all programs -->Microsoft Office --> Microsoft Office Word 2007

PENGERTIAN EXCEL

Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.

Microsoft Excel adalah program kedua yang mandasar dalam suatu computer setelah Microsoft Word, keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak para akutan yang mengerti dan bisa mengoprasikan program ini tapi bukan hanya seorang akuntan saja yang bisa anak smp pun juga bisa mengoprasikan program ini, karena dibangku smp kita telah mempelajari tentang Microsoft Excel.

SEJARAH MICROSOFT EXCEL


Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.
 
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut

MENU FILE DALAM WORD

Sub menu Fungsi


New Membuat dokumen baru.Open Membuka file dari piranti/ media menyimpan Close Menutup jendela dokumen aktif Save menyimpan dokumen yang masih aktif Save AS menyimpan dokumen yang belum mempunyai nama atau mengganti nama file dokumen yang akan disimpan.Save As Menyimpan dokumen dalam bentuk halaman web.
 PreviewPage Setup Mengatur halaman dokumen yang akan di cetak.Prin Preview Melihat contoh hasil cetakan dokumen (margins, ukuran kertas) sebelum dicetak melalui printer. Print Mencetak dokumen Send To Mengirim dokumen Properties Mebuat ringkasan dari dokemen yang aktif Exsit Keluar dari Word sebelum menutup semua dokumen